Sulut Jadi Pilot Project Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19

Koran SINDO ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 13:53 WITA
Sulut Jadi Pilot Project Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi kegiatan belajar mengajar secara daring. (Foto: KORAN SINDO)

MANADO, iNews.id – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dipilih Pemerintah pusat sebagai pilot project kegiatan belajar mengajar (KBM) di masa pandemi Covid-19 untuk tingkat SMA/SMK sederajat. Proses pembelajaran ini dilangsungkan melalui metode daring.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut Grace Punuh mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan panduan penyelenggaraan pembelajaran untuk Tahun 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

“Panduan penyelenggaraan pembelajaran diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tersebut yang menjadikan Sulut sebagai salah satu pilot project untuk kegiatan KBM tingkat SMA/SMK,” ujar Punuh, Rabu (19/8/2020).

Keempat kementerian ini memberi apresiasi yang tinggi atas upaya dan kerja keras pemangku kepentingan di daerah, dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey terhadap proses KBM selama masa pandemi.

“Dengan diterbitkannya SKB empat Menteri dan ditindaklanjuti dengan surat edaran Gubernur Sulut, kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat berlangsung. Apalagi ikut direspons aktif para kepala sekolah SMA/SMK/sederajat di daerah ini,” katanya.

Khusus untuk SMK, kegiatan belajar diarahkan pada praktik sesuai program jurusan dengan proses KBM dilakukan baik daring maupun luring.

"KBM atau PJJ di Sulut hingga saat ini masih tetap berjalan lancar dan mendapat dukungan seluruh komponen masyarakat di daerah ini,” ujar Punuh.


Editor : Donald Karouw