Tarif Tol Manado-Bitung Masih Dibahas

Antara ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 13:45:00 WITA
Tarif Tol Manado-Bitung Masih Dibahas
Gerbang Tol Manado. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Jalan Tol Manado-Bitung seksi I-IIA telah disiap untuk dioperasionalkan sambil menunggu jadwal peresmian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sampai saat ini, besaran tarifnya masih dalam tahap pembahasan.

"Tarif tol masih sementara dibahas Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT. Setelah selesai akan ada surat keputusan," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung George Manurung di Manado, Rabu (1/7/2020).

Ada beberapa pertimbangan dalam penetapan besaran tarif tol, semisal berapa banyak nilai investasi yang telah digelontorkan selama pembangunan.

"Jadi ada pertimbangan bisnis yang harus diperhatikan. Akan dipertimbangan besaran nilai konstruksi atau biaya pinjaman di bank," katanya.

George mengungkapkan, tol yang telah siap dioperasionalkan ini memanjang dari Gerbang Tol (GT) Manado melintasi GT Airmadidi hingga GT Kauditan atau sejauh 21 kilometer (Km) dari total bentangan 39,9 Km.

Secara keseluruhan, tol terpanjang di Pulau Sulawesi ini belum bisa dioperasionalkan penuh. Hal ini terjadi karena seksi IIB belum seluruhnya tuntas dalam pembebasan lahannya.

"Pembangunan Tol Manado-Bitung ini diharapkan mampu menyokong kawasan bisnis dan pariwisata di Kota Bitung dan sekitarnya, termasuk mengurai kemacetan di ruas jalan utama," katanya.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: