Tugas Jaga Wilayah Perbatasan di Sangihe Selesai, 38 Personel TNI AD Kembali ke Manado

Antara ยท Sabtu, 29 Agustus 2020 - 10:35 WITA
Tugas Jaga Wilayah Perbatasan di Sangihe Selesai, 38 Personel TNI AD Kembali ke Manado
Personel Yonif 711 selesai bertugas di Sangihe. (Foto: Istimewa)

SANGIHE, iNews.id - Sebanyak 38 personel TNI Angkatan Darat Yonif 711 selesai melaksanakan tugas Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut). Sebelumnya, mereka telah bertugas di kepulauan perbatasan Indonesia Filipina tersebut selama sembilan bulan.

Keberangkatan 38 personel dari Tahuna, Jumat (28/8/2020) subuh diantar langsung oleh Dandim 1301/Sangihe, Letkol Inf Rachmat Christanto. Dia pun menyampaikan terima kasih kepada para personel karena telah mengemban tugas di wilayah perbatasan dengan penuh tanggung jawab dan tidak ada pelanggaran.

"Terima kasih kami sampaikan kepada 38 personel Yonif 711 yang telah selesai melaksanakan tugas dengan baik di Kabupaten Sangihe sebagai wilayah perbatasan," kata dandim.

Dia berharap, pengalaman berharga selama bertugas di pulau terluar sebagai wilayah perbatasan menjadi pengalaman dan pembelajaran diri dalam menyongsong tugas pengabdian selanjutnya.

Dalam perjalanan pulang ke satuan Yonif 711/RKS, dandim berpesan kepada personel untuk memperhatikan faktor keamanan. Baik itu personel maupun material serta menghindari pelanggaran sekecil apapun.

"Ingat, keluarga saat ini menunggu kehadiran kalian untuk berkumpul kembali. Sampaikan salam dan terima kasih saya kepada keluarga di rumah," kata Dandim.

Sementara Bintara Penerangan Kodim Sangihe, Serda Prasetya mengatakan, 38 personel kembali ke Manado dengan menggunakan KM Sabuk Nusantara 69. Sementara 38 personel pengganti saat ini sudah berada di lokasi pelaksanaan tugas.

"Pak Dandim yang mengantar langsung 38 personel Yonif 711 ke Pelabuhan Tahuna, naik ke kapal perintis Sabuk Nusantara 69 menuju Pelabuhan Bitung," kata Prasetya.

Menurut dia, pulau-pulau terluar perbatasan Indonesia dan Filipina yang dijaga merupakan wilayah teritorial Kodim 1301/Sangihe.


Editor : Umaya Khusniah