Tuur Ma'asering, Pesona Wisata yang Padukan Konsep Alam dan Kearifan Lokal di Tomohon

Subhan Sabu · Jumat, 18 Juni 2021 - 18:08:00 WITA
Tuur Ma'asering, Pesona Wisata yang Padukan Konsep Alam dan Kearifan Lokal di Tomohon
Destinasi wisata Tuur Ma'asering yang memadukan konsep alam dan kearifan lokal di Tomohon. (Foto: MPI/Subhan Sabu)

TOMOHON, iNews.id - Tomohon merupakan salah satu kota yang terletak sekitar 22 kilometer sebelah timur Manado,Provinsi Sulawesi Utara. Daerah ini memiliki topografi bergunung dan berbukit yang membentang dari utara ke selatan. 

Tak heran bila di Tomohon banyak sekali terdapat tempat wisata di atas bukit yang menawarkan pemandangan alam indah. Salah satunya Tuur Ma’asering.

Spot wisata ini terletak di ujung timur Kota Bunga tersebut yang menawarkan konsep unik dengan memadukan wisata alam dan kearifan lokal. Lokasinya berada di Kelurahan Kemulembuai, Kecamatan Tomohon Timur, sekira 15 sampai 20 menit dari pusat Kota Tomohon

Tempat wisata ini berada di tengah hutan pohon aren dan dahulu dijadikan masyarakat lokal untuk penyulingan air nira atau saguer yang dirombak menjadi spot unik ditambah bangunan kafe terbuat dari kayu dan bambu ciri khas tersendiri di Tuur Ma’asering.

Ciri khas unik lainnya yakni, di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan secara langsung penyulingan cap tikus, minuman khas tradisional Minahasa yang merupakan hasil fermentasi dan distilasi air nira dari pohon Aren.

Keunikan lainnya di Tuur Ma’asering, pengunjung bisa mencicipi saguer yang merupakan minuman beralkohol berkadar rendah khas Minahasa. Minuman ini disajikan dalam tempurung dan dijadikan sebagai welcome drink bagi pengunjung yang datang.

Jeffri Polii selaku pemilik tempat wisata ini mengatakan, awal tercetus ide pembuatan tempat wisata ini hasil perenungan panjang dirinya selaku aktivis lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2