Pilot sedang mengendarai pesawat ringan Cessna 172 (ilustrasi). (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

DENVER, iNews.id – Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS menyatakan, dua pesawat Cessna 172 dan Sonex Xenos terlibat kecelakaan. Dua pesawat ringan itu bertabrakan di atas Kota Mountain View, Negara Bagian Colorado, AS, Sabtu (17/9/2022) waktu setempat.

“Tim penanggap memastikan dua pesawat telah jatuh dan mengonfirmasi tiga korban jiwa. Masyarakat diminta untuk menghindari daerah itu,” ungkap Layanan Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Mountain View, di Twitter.

Sampai berita ini ditulis, nama-nama korban yang meninggal belum dirilis. CBS Colorado dengan mengutip polisi setempat melaporkan, pengumuman nama korban masih menunggu pemberitahuan dari pihak keluarga.

Kecelakaan itu sedang diselidiki oleh polisi setempat dan layanan penerbangan federal AS.

Washington Post melansir, Cessna 172—yang juga dikenal sebagai Skyhawk—adalah salah satu pesawat paling populer di dunia. Pesawat itu dapat menampung empat orang.

Tabrakan pesawat di udara jarang terjadi di Amerika Serikat. Namun, kecelakaan semacam itu lebih mungkin terjadi di daerah padat penduduk.

Di bawah peraturan penerbangan federal, pilot swasta diharuskan untuk melihat dan menghindari pesawat lain yang terbang di ruang di dekat mereka. Para pilot juga harus mengikuti prosedur lepas landas dan mendarat dengan cermat.


Editor : Cahya Sumirat