Virus corona. (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Sebanyak 22 sampel uji tes diagnostik cepat antigen (RDT-Ag) yang dilakukan dinas kesehatan provinsi maupun kabupaten dan kota terkonfirmasi positif Covid-19. Data tersebut diambil dari sembilan daerah.

"Ada 565 sampel uji RDT-Ag yang dilakukan di kabupaten dan kota, nah, ada 22 sampel uji positif Covid-19, sisanya 543 sampel negatif," sebut Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Sulut, Gysje Pontororing di Manado, Selasa (16/8/2022).

Data 'Dashboard New Alrecord Antigen' tanggal 15 Agustus 2022 pukul 19.04 WITA, tes cepat diagnostik antigen dilakukan di sembilan daerah dari 15 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulut. 

Sampel-sampel yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kota Manado (16 sampel dari 402 sampel yang diambil), Kota Tomohon (tiga sampel dari 38 sampel yang diambil), dan Kabupaten Minahasa Utara (tiga sampel dari 35 sampel yang diambil).

Dia mengatakan, dinas kesehatan masih menggunakan pola baku mengidentifikasi penyebaran Covid-19 di kabupaten dan kota melalui 'testing, tracing dan treatment' atau '3T'.

Bila ada warga yang terkonfirmasi positif, maka petugas kesehatan akan melakukan pelacakan kepada kontak erat.

Selanjutnya, melakukan testing untuk memastikan apakah terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak, bila positif segera dilakukan penanganan.

"Satgas terus berharap warga disiplin menerapkan protokol kesehatan di antaranya menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ajaknya.

Ketersediaan tempat tidur di 17 rumah sakit rujukan yaitu 'Bed Occupancy Rate' (BOR) non-ICU sebesar 1,47 persen dan BOR-ICU 2,17 persen. 


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT