Sejumlah warga antre menunggu giliran dipanggil untuk menerima program Sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Desa Tilihuwa, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (10/9/2022). (Foto: Antara)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan Program Sembako bagi 523 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Limboto. Penyerahan bantuan diberikan bagi warga di tiga kelurahan.

"Untuk Kelurahan Tilihuwa diberikan kepada 325 KPM, Bongohulawa 96 dan Kayu Merah 102 KPM," ucap Kepala Dinas Sosial setempat, Syamsul Baharuddin, Sabtu (10/9/2022).

Ia menjelaskan, program yang sebelumnya bernama Bantuan Pangan Non Tunai itu semua penerimanya sudah diverifikasi, validasi dan diperbarui oleh Kementerian Sosial.

"Ini akan terus kita validasi secara berkala, jika ditemukan ada data yang sudah tidak sesuai," kata Syamsul.

Ia mengungkapkan, program itu sudah diatur jenis bahan pangan yang dapat dibelanjakan oleh KPM.

Seperti untuk sumber karbohidrat yaitu beras, jagung dan sagu, sumber protein hewani di antaranya telur, daging sapi, ayam dan ikan segar.

Sumber protein nabati seperti kacang, termasuk tempe dan tahu serta sumber vitamin dan mineral, sayur dan buah.

"Hal ini sebagai upaya dari pemerintah untuk memberikan akses KPM terhadap bahan pokok dengan kandungan gizi dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting," ujanya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT