Thai Ngoc, pria Vietnam yang tidak tidur selama 49 tahun (Foto: Unbelievable Info)
Inas Rifqia Lainufar

JAKARTA, iNews.id - Pria berusia 80 tahun bernama Thai Ngoc, warga Vietnam mengaku tidak tidur selama 49 tahun. Meskipun demikian, tampilan fisiknya tampak begitu normal tanpa menunjukkan tanda-tanda seperti orang yang kekurangan jam istirahat.

Atas keanehannya ini berhasil mengundang para ilmuwan atau ahli medis untuk melakukan penelitian terhadapnya.

Lantas, apa yang menyebabkan Thai Ngoc tidak bisa tertidur selama 49 tahun? Simak ulasannya berikut ini

Mengutip dari situs Knowinsiders, Senin (25/7/2022), Thai Ngoc merupakan pria berusia 80 tahun yang tinggal di daerah pegunungan terpencil di Que Trung, distrik Nong Son, Quang Nam, Vietnam.

Tak ada yang aneh dengannya di masa kecil, di mana ia tumbuh seperti anak-anak dan remaja pada umumnya.

Namun saat memasuki usia 31 tahun atau tepatnya pada tahun 1973, Thai Ngoc tiba-tiba mengalami demam tinggi hingga jatuh pingsan.

Setelah terbangun, Thai Ngoc tidak pernah tertidur hingga saat ini, bahkan dalam waktu yang singkat sekalipun. Awalnya, ia merasa begitu tidak nyaman dengan kondisi tersebut, tetapi dokter pun tak menemukan ada yang salah dalam tubuh Thai Ngoc.

"Setiap kali saya pergi ke rumah sakit, dokter memberitahu saya bahwa saya tidak sakit sama sekali,” tutur Thai Ngoc.

“Pada hari-hari awal insomnia, saya merasa gelisah. Saya sangat tidak nyaman, tetapi saya sudah terbiasa. Saya makan seperti biasa dan kesehatan saya masih normal, jadi saya tidak berkeinginan untuk tidur lagi,” imbuhnya.

Karena tak bisa tidur, Thai Ngoc akan mengerjakan pekerjaan rumah di pagi hari dan bekerja di ladang pada malam hari. Ia juga pernah merasakan bosan karena harus terus menerus membuka matanya hingga membuatnya mencoba menenggak beberapa botol anggur agar dapat tertidur dalam keadaan mabuk.

Meskipun demikian, tidurnya tak pernah bisa nyenyak, sekalipun sedang mabuk berat. Tak berhenti di minuman beralkohol, Thai Ngoc juga sempat mengonsumsi pil tidur agar bisa terlelap, tetapi semua cara yang dilakukan berakhir nihil.

Hal langka ini rupanya juga mendatangkan berbagai spekulasi dari orang sekitar, di mana para tetangganya menganggap Thai Ngoc telah dirasuki makhluk halus. Tak hanya itu, media internasional pun banyak yang datang untuk meliput ‘kemampuan khusus’ Thai Ngoc tersebut.

Kru film asal Inggris bahkan pernah membawanya ke rumah sakit jiwa untuk dilakukan serangkaian tes yang dapat mengungkapkan keanehan dalam diri Thai Ngoc. Namun tetap saja, tidak ada kejanggalan apapun dalam tubuh Thai Ngoc dan para dokter menyatakan bahwa ia dalam keadaan sehat.

Ahli dari Eropa juga pernah mengundangnya untuk datang ke negara mereka dengan mesin dan peralatan yang lebih modern demi melakukan pemeriksaan dan pengobatan, namun ia menolak karena ingin hidup damai di pedesaan bersama istri dan anak-anaknya. 

Hingga saat ini, tidak ada yang bisa mengetahui alasan medis mengapa Thai Ngoc bisa terjaga selama 49 tahun. 


Editor : Cahya Sumirat