Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meninjau dampak banjir di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. (Foto: Antara/HO-Diskominfo Kabupaten Gorontalo)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Banjir melanda Desa Balahu, Buhu, Iloponu, Labanu, dan Motilango di wilayah Kecamatan Tibawa Gorontalo. Banjir disebabkan air sungai yang meluap.

"Kami sudah melihat langsung dan masalahnya adalah luapan air sungai sehingga jembatan rusak, ada juga pemukiman warga (yang rusak)," kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo usai meninjau dampak bencana banjir, Rabu (7/9/2022),

Dia menekankan pentingnya partisipasi warga dalam upaya pencegahan dan mitigasi banjir, terutama warga yang tinggal di bagian hulu sungai.

"Jangan membuang sampah sampah di saluran agar ketika air datang salurannya bisa menampung air," katanya.

Bupati mengatakan bahwa pemerintah kabupaten berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai dalam mencegah dan menangani dampak banjir.

"Kerusakan jembatan, rumah warga, dan lain-lain kita menunggu data dari pemerintah desa untuk ditindaklanjuti oleh OPD terkait," katanya.

Dia juga mengingatkan pemerintah desa untuk mencegah warga membangun rumah di daerah bantaran sungai.

Saat meninjau dampak banjir, bupati juga menyerahkan bantuan berupa paket bahan pangan pokok dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah kepada warga yang terdampak banjir.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT