Pembayaran moda transportasi angkot mikrolet di Manado semakin mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi QRIS. (Foto: MPI/Subhan Sabu).
Subhan Sabu

MANADO, iNews.id - Pembayaran moda transportasi angkutan kota (angkot) mikrolet di Manado semakin mudah dan praktis. Kini pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Sistem pembayaran dengan penggunaan QRIS itu terwujud berkat kerja sama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Regional Office Manado dengan Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) Sulawesi Utara (Sulut).

Meski belum semuanya, digitalisasi pembayaran di mikrolet ini rencananya akan dilanjutkan dengan pemasangan QRIS di 3.000 moda transportasi mikro di Manado, dan pemasangan QRIS juga akan berlanjut ke 5.000 Bentor (Becak Motor) yang ada di Kota Kotamobagu dan Manado.

Regional Consumer Banking Regional Office Manado, Ali Masuron mengatakan bahwa dengan QRIS BRI, masyarakat di Sulut yang menggunakan mikrolet atau bentor akan lebih cepat, aman dan praktis.

“Karena penumpang mikrolet dapat melakukan pembayaran dengan langsung Scan dari BRImo dan Dompet Digital seperti Gopay, Shoppe Pay, Ovo, Link Aja dan fitur scan barcode lainnya," kata Ali Masuron, Senin (17/1/2022).

Maanfat lain dari QRIS ini juga kata dia dapat dirasakan oleh pemilik mikrolet karena pembayaran penumpang dapat langsung masuk ke rekening, dan tentunya sudah tidak harus lagi menyiapkan uang kembalian untuk penumpang.

Ketua Organda Sulut Novri James Rengkung menuturkan pihaknya menyambut baik dan berterima kasih kepada Bank BRI atas dukungan kepada Organda.

“Semoga dengan QRIS BRI dapat memberikan maanfaat bagi para pemilik mikrolet dan mempermudah pembayaran oleh penumpang,” sebut Novri.

Simbolis pemasangan QRIS di mikrolet dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank BRI, Sunarso dengan menempelkan sticker QR Code QRIS di dalam mikrolet dan Uji Coba Transaksi QRIS.

Dalam acara tersebut juga disaksikan oleh Direktur Konsumer BRI Handayani, Direktur Manajemen Resiko Agus Sudiarto, Regional CEO Manado John Sarjono, Ketua Organda Sulut Novri James Rengkung dan puluhan perwakilan supir angkot mikro dan Bentor di Manado yang telah di-branding dan menggunakan QRIS BRI.

Digitalisasi pembayaran ini dilakukan oleh BRI Regional Office Manado sebagai salah satu wujud nyata dalam pembuatan smart city dengan mengusung cashless payment sebagai sarana transaksi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dan juga upaya meminimalisir penyebaran virus Covid 19.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT