Animo masyarakat membeli menu buka puasa di Festival Ramadan 2022 di Kawasan Megamall Manado cukup tinggi, Kamis (14/4/2022). (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak masyarakat menggalang donasi dalam Festival Ramadan 1443 Hijriah di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Dalam festival tersebut juga terbuka kesempatan untuk saling membantu sesama.

“Kami juga membuka Festival Ramadan 2022 ini, bagi siapa saja yang akan memberikan dampak di Bulan Suci Ramadhan ini,” kata Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan, di Manado, Kamis (14/4/2022).

Dikatakannya, melalui Festival Ramadan ini, bagi yang membeli paket sembako, ada persentase yang terkumpul sebagai infak.

“Saya berharap umat Islam dapat memanfaatkan Festival Ramadan, selain berkah di bulan Ramadan juga dapat saling membantu,” ujarnya.

Abid menjelaskan Infak adalah mengeluarkan properti pohon zakat (hukumnya wajib) dan non-zakat (hukumnya sunnah).

Infak wajib meliputi zakat, kafarat, nazar, dan lain-lain. Infak sunnah di antaranya, infak kepada fakir miskin di kalangan umat Islam, infak bencana alam, infak kemanusiaan, dan lain-lain.

Dijelaskannya, infak adalah harta yang dikeluarkan oleh orang atau badan usaha di luar zakat untuk kepentingan umum, menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dalam BAB I Pasal 1.

Infak, kata dia, merupakan praktik yang tidak boleh dipisahkan dari kehidupan sehari-hari-hari seorang Muslim.

Padahal, infaq untuk kebaikan, dikerjakan atau dibelanjakan di jalan Allah, yang juga disertai harta, berasal dari hal-hal yang baik.

Ramadan Festival 2022 berlokasi di Kawasan Megamall Manado diikuti puluhan UKM yang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT