Kepala BEI Sulut Mario Iroth mengatakan investor pasar modal di daerah tersebut tumbuh sebesar 38 persen pada Agustus 2022. (Foto/EkoPurwanto/SINDOnews/Ilustrasi)
Antara

MANADO, iNews.id - Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Mario Iroth mengatakan investor pasar modal di daerah tersebut tumbuh sebesar 38 persen pada Agustus 2022. Investor didominasi usia muda.

"Total investor saham di Sulut per bulan Agustus sebanyak 30.260, naik 38 persen dibandingkan total investor per Agustus 2021 hanya 21.925," kata Mario di Manado, Kamis (22/9/2022).

Mario menjelaskan jumlah investor pasar saham di Sulut dari Januari sampai Agustus 2022 bertambah sebanyak 3.478 investor saham, atau bertumbuh 13 persen dibandingkan posisi yang sama tahun lalu.

Ia memaparkan investor saham di Sulut didominasi usia muda yaitu pada 18-25 tahun atau sekitar 30,4 persen dari total investor. Sedangkan dari sisi gender, investor pria mendominasi dibandingkan perempuan yakni sebesar 52 persen.

Jika dilihat dari sisi pekerjaan, pegawai swasta di Sulut banyak yang menjadi investor saham yakni sebesar 33,3 persen, diikuti pelajar atau mahasiswa sebesar 31,3 persen.

Mario mengharapkan masyarakat yang minat berinvestasi di pasar modal akan semakin tinggi ke depannya. Pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada kalangan masyarakat.

"Jangan takut berinvestasi di pasar modal karena banyak memiliki keuntungan, memang risiko pasti ada," katanya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT