Hiu Paus saat berada di Perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto: Sindonews)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango memiliki aplikasi SIP HPMU atau Sistem informasi Promosi Harmoni Pariwisata yang Maju dan Unggul untuk pembangunan di sektor pariwisata. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi wisatawan.

"SIP HPMU ini sangat bagus. Kita ingin mengintegrasikan informasi seluruh objek wisata di Bone Bolango terkait waktu, fasilitas dan kepastian harga. Kepastian harga ini penting terutama bagi wisatawan mancanegara," ucap Bupati Hamim Pou di Gorontalo, Senin (14/11/2022).

Hamim mengatakan aplikasi SIP HPMU memberikan informasi harga untuk wisatawan saat akan mengunjungi objek wisata di Kabupaten Bone Bolango.

Ia mencontohkan jika ada wisatawan yang datang ke objek wisata Hiu Paus di Botubarani, maka wisatawan tersebut harus mendapatkan informasi harga atau biaya yang utuh dan benar.

"Jika ada wisatawan mancanegara yang mau datang ke wisata Hiu Paus sementara harganya bervariasi atau tidak jelas, itu akan membuat orang tidak yakin untuk datang," kata Bupati.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango, Abdul Halim Katili menjelaskan SIP HPMU adalah sistem informasi yang diluncurkan Pemkab Bone Bolango yang menyatukan seluruh pemangku kepentingan kepariwisataan di kabupaten itu.

Mulai dari hotel, transportasi, pemandu wisata, hingga pengelola objek wisata yang pada muaranya adalah bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan akuntabel kepada wisatawan tentang objek wisata di Bone Bolango.

Sehingga, wisatawan menjadi lebih dimudahkan mendapatkan informasi paket wisata serta mendapat kepastian harga yang akan dikeluarkan untuk berwisata di Bone Bolango, sehingga ini akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan pada akhirnya akan menaikkan PAD Bone Bolango.

"Dengan SIP HPMU akan tercipta sinergi antara pemangku kepentingan yakni Hotel, pengelola transportasi wisata, pemandu wisata serta pengelola objek wisata sehingga memudahkan berkoordinasi satu dengan yang lainnya dan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk wisatawan di Bone Bolango," kata Abdul Halim Katili.

Abdul Halim Katili mengungkapkan, SIP HPMU menjadi wadah bagi pengelola objek wisata dalam melaporkan jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Bone Bolango.

"Dengan data tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan di bidang pariwisata di Kabupaten Bone Bolango," ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT