Kepala BPJN Sulut, Hendro Satrio Muhammad Kamaludin. (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara mengalokasikan anggaran sebesar Rp42 miliar pada tahun ini untuk melanjutkan pembangunan Manado Outer Ring Road (MORR) III Kalasey-Winangun. Jalan tersebut dibangun sepanjang 11 kilometer (km).

"Pembangunan MORR III sepanjang 11 kilometer itu sudah pada tahapan kelanjutan tahap kedua," sebut Hendro Satrio Muhammad Kamaludin, di Manado, Kamis (31/3/2022).

Tahap pertama, sudah dibangun sepanjang 1,5 kilometer dan tahun ini juga sepanjang 1,5 kilometer termasuk di dalamnya ada dua jembatan.

"Kira-kira masih ada sekitar empat tahun lagi jalan lingkar luar Kota Manado ini akan selesai dibangun," ujarnya.

Pembangunan MORR III ini, sebut dia, nantinya akan terkoneksi dengan MORR I dan II yang sebelumnya sudah selesai dibangun dan sudah dimanfaatkan.

Hendro mengatakan, dibangunnya ruas jalan ini agar kendaraan tidak semuanya masuk Manado dan berpotensi terjadinya penumpukan kendaraan.

"Jadi kendaraan yang tidak perlu masuk Manado, dia bisa menggunakan jalur alternatif yang kita buat. Jadi tidak terjadi kemacetan, dan di sisi lain dapat mengurai kemacetan," katanya.

Pergerakan kendaraan yang membawa barang menuju titik distribusi lainnya di luar Manado dapat dengan leluasa mengakses jalan yang terkoneksi dengan MORR I dan MORR II.

"Kehadiran ruas jalan lingkar luar Manado ini mobilitasnya lebih cepat, pergerakannya lebih lancar tanpa harus masuk ke Kota Manado, dengan demikian juga bisa mengurai kemacetan," harap Hendro.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT