Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno membuka seminar bertajuk Kampus Pelopor Keselamatan (Kapeka) Berlalu lintas, Rabu (12/10/2022).(Foto: Humas)
Cahya Sumirat

MANADO, iNews.id- Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno membuka seminar bertajuk Kampus Pelopor Keselamatan (Kapeka) Berlalu lintas, Rabu (12/10/2022). Seminar diselenggarakan oleh Korlantas Polri di Auditorium Fakultas Perikanan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.

Pembukaan seminar tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III Unsrat, Ketua Tim Seminar, Wadirlantas Polda Sulut, para narasumber, dan mahasiswa sebagai peserta.

Kapolda Sulut mengapresiasi seminar tersebut. Menurutnya, ini merupakan kegiatan positif dalam rangka meningkatkan kesadaran berlalu lintas.

“Sehingga masyarakat khususnya kalangan civitas akademika menjadi generasi yang berlalu lintas dengan baik dan benar, yang dapat menjaga keselamatan jiwa dari dampak-dampak pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” ujar Irjen Pol Mulyatno, usai membuka seminar.

Keselamatan berlalu lintas adalah hal yang sangat penting karena menyangkut perlindungan terhadap jiwa dan raga.

“Oleh karena itu, perlu sekali untuk terus dilakukan perilaku tertib berlalu lintas dengan mengindahkan semua peraturan lalu lintas, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno berharap, para peserta seminar ini bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi rekan-rekan lainnya, keluarga, dan masyarakat.

“Diharapkan rekan-rekan mahasiswa setelah mengikuti kegiatan ini akan menyebarkan pentingnya tertib berlalu lintas kepada orang lain. Sehingga bisa mencegah pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” ucap Irjen Pol Mulyatno.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Rektor III Unsrat, Oktovian Berty Alexander Sompie. Menurutnya, seminar ini adalah kegiatan yang luar biasa.

“Ini luar biasa, sehingga bisa membantu Polri. Mahasiswa diharapkan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas baik di lingkungan kampus maupun di tengah-tengah masyarakat supaya menunjang semua untuk kepentingan masyarakat umum,” singkatnya.

Sementara itu Kasubditdikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat selaku Ketua Tim Seminar, mengucapkan terima kasih kepada pihak Unsrat Manado dan Polda Sulut atas kerja sama yang baik sehingga seminar ini dapat dilaksanakan.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Unsrat Manado dan Polda Sulut. Ini merupakan program khusus setiap tahun oleh Korlantas Polri. Dan untuk tahun ini, di wilayah Sulawesi baru dilaksanakan di Unsrat Manado,” kata Kombes Pol Arman.

Dijelaskan, seminar ini bertujuan untuk membangun budaya tertib berlalumlintas sekaligus menjaga keselamatan anak-anak bangsa.

“Korlantas Polri terus menggalakkan kegiatan-kegiatan untuk menanamkan pemahaman tentang disiplin berlalulintas kepada masyarakat mulai dari usia dini hingga dewasa. Dan salah satunya adalah untuk kalangan civitas akademika,” kata Kombes Pol Arman.

Mengawali seminar, para peserta mendeklarasikan mahasiswa sebagai pelopor keselamatan dalam mewujudkan road safety to zero accident. Setelah itu para peserta mendapat pembekalan materi dari pakar psikologi dan pakar transportasi.

Tak hanya itu, para peserta seminar juga dibekali dengan pengetahuan dan praktek tentang pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas serta diakhiri dengan praktek safety riding. Dua materi terakhir ini disampaikan oleh Subdit Gakkum dan Tim Safety Riding Ditlantas Polda Sulut.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT