Kadis Koperasi dan UMKM Pemprov Sulut Ronald Sorongan, di Manado. (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sedang mendata dan menyeleksi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut untuk diajukan agar bisa menerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Jadwalnya hingga 8 September 2022.

"Saat ini sementara kami data dan batas data masuk pada 8 September 2022," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Sulut Ronald Sorongan, di Manado, Sabtu (3/9/2022).

Ronald mengatakan UMKM harus didaftarkan terlebih dahulu ke dinas yang ada di kabupaten dan kota kemudian diserahkan ke provinsi.

"Nanti kami akan langsing kirim ke pusat karena batas daftar pekan depan," katanya.

Dia mengatakan pihaknya belum bisa mengetahui dengan pasti berapa pelaku usaha mikro yang akan menerima bantuan tersebut.

Ia mengatakan pihaknya telah menerima surat resmi dari Kementerian Koperasi dan UKM sehubungan dengan proses pengajuan program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2022.

Dia menjelaskan Kementerian Koperasi dan UKM telah mengajukan usulan lanjutan program BPUM tahun 2022 melalui surat Menteri Koperasi dan UKM Nomor B02/M.KUKM/UM.00.01//2022 kepada Menteri Keuangan dan surat Menteri Koperasi dan UKM Nomor B-13/M.KUKM/UM.001.01/1/2022 kepada Ketua KPCPEN.

Berkaitan dengan hal tersebut, katanya, diharapkan dinas yang membidangi koperasi dan UKM provinsi menyampaikan data pelaku usaha mikro sebagai calon penerima BPUM tahun 2022 yang belum pernah mendapatkan program BPUM dari wilayah masing-masing dalam rangka rencana pelaksanaan program dimaksud.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT