Pelayanan vaksinasi di posko Belle Li Mbui Kota Gorontalo, Rabu (30/11/2022). (Foto: Humas/Kominfotik)
Cahya Sumirat

GORONTALO, iNews.id – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menggencarkan kembali vaksinasi dosis III atau booster. Vaksinasi tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 subvarian Omicron XBB di Gorontalo.

“Untuk mencegah varian XBB kami akan galakkan vaksinasi booster. Kami targetkan 50 persen dosis tiga di akhir Desember ini. Karena memang dosis tiga masih rendah baru 21 persen. Ini yang harus kita genjot,” kata Hamka saat meninjau lokasi pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar  Pemda Kabupaten Gorontalo, di Halaman Masjid Baitulrahman Limboto, Jumat (2/12/2022).

Menurut Hamka, varian omicron XBB memang tidak separah varian delta dan omicron saat ditemukan. Tapi bukan berarti kasus ini disepelekan. Justru saat ini Indonesia khususnya Gorontalo sudah mulai membaik, maka varian–varian baru dari covid-19 harus bisa segera diputuskan.

“Walau pun tingkat resistensinya tidak sama dengan zaman awal varian delta ditemukan, tapi yang namanya virus harus bisa kita putuskan. Jadi mohon kesadaran semuanya yang belum vaksin ketiga mari vaksin, kedua juga mari vaksin. Mudah–mudahan kalau bisa kita hajar terus sampai akhir tahun ini bisa dicapai,” harapnya.

Berdasarkan data, cakupan vaksinasi dosis satu di Gorontalo sebesar 83 persen, dosis dua 61 persen sedangkan dosis tiga masih 21 persen.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Gorontalo juga sudah membuka posko terpusat pelayanan vaksinasi covid-19 di Gedung Belle Li Mbui, Kota Gorontalo, yang dimulai dari tanggal 30 November hingga 15 Desember 2022.

Seperti pelaksanaan vaksinasi massal sebelum–sebelumnya, masyarakat usai divaksin menerima bantuan beras masing–masing 5 kg yang disiapkan oleh BPBD Provinsi Gorontalo. Vaksinasi kali ini menargetkan 500 orang yang akan divaksin.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT