Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa didampingi Gubernur Olly Dondokambey dan pejabat terkaot lainnya usai Rakorgub di Sulut. (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Sejumlah proyek strategis di Sulawesi Utara (Sulut) yang diusulkan pada tahun 2021 disetujui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. Kabar baik tersebut disampaikan Menteri PPN Suharso Monoarfa.

"Kami ingin usulan tahun 2022 yang akan diakomodasi dalam APBN 2023 bisa dilaksanakan lebih baik," ujar Menteri Suharso dalam Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) di Manado, Sulut, Selasa (22/3/2022)..

Usulan pembangunan tahun 2021 yang disetujui tersebut mencakup pembangunan pelabuhan perikanan 'fish market' di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara,  penanganan limbah B3, limbah medis, dan layanan fasilitas pelayanan kesehatan.

Selanjutnya, normalisasi sungai yang masuk ke Kota Manado, daerah aliran sungai (DAS) kritis serta pembangunan tanggul penahan pantai di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Satu-satunya usulan yang belum diakomodasi yaitu pembangunan tanggul penahan pantai di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang terkait dengan kriteria kesiapan (readiness criteria).

"Bappenas terbuka untuk diajak berdiskusi soal ini," ujarnya.

Dia berharap para gubernur dapat mengirimkan staf Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) atau dinas yang mengetahui persis terkait dengan kriteria kesiapan tersebut.

Rakorgub yang dilaksanakan di Kota Manado tersebut dihadiri Menteri PPN/Kepala Bappenas, serta diikuti Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Kemudian Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar, dan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim. 


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT