Kegiatan diseminasi layanan kewarganegaraan di wilayah Kota Bitung, Kamis (9/6/2022).(Foto: MPI/Subhan Sabu)
Subhan Sabu

BITUNG, iNews.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara (Kanwil Kemenkumham Sulut) menggelar diseminasi layanan kewarganegaraan di wilayah Kota Bitung, Kamis (9/6/2022). Dalam.kegiatan tersebut masyarakat diberikan pemahaman soal kewarganegaraan.

Kakanwil Kemenkumham Sulut Haris Sukamto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya terkait tata cara memperoleh kewarganegaraan, kehilangan, pembatalan dan memperoleh kembali kewarganegaraan.

“Diseminasi ini juga akan memberikan pencerahan bagi para WNI yang menikah dengan WNA mengenai status kewarganegaraan anaknya, termasuk hak dan kewajibannya," ujar Haris.

Pada kegiatan tersebut dilakukan juga penandatanganan kerja sama bidang kekayaan intelektual (KI) antara Kanwil Kemenkumham Sulut dengan Pemerintah Kota Bitung.

"Dari kerja sama di bidang kekayaan intelektual yang telah dilaksanakan ini diharapkan dapat mendorong Pemkot Bitung dalam melakukan pendataan maupun pendaftaran KI di daerah agar terlindungi dan membentengi pengakuan dari pihak lain," tutur Haris.

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri menyampaikan bahwa Pemkot Bitung sangat mendukung kerja sama tersebut dan akan memfasilitasi masyarakat Bitung khususnya UMKM dalam melakukan pendaftaran hak kekayaan intelektualnya, sehingga memiliki perlindungan terhadap hasil karya yang dihasilkan.

“Pemkot Bitung menyambut baik kerja sama ini, dan kami siap membantu Kanwil Kemenkumham Sulut dalam program program dibidang Kekayaan Intelektual Untuk Sulawesi Utara yang lebih maju," ujar Maurits.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri juga diikuti peserta yang berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bitung, perwakilan kecamatan dan kelurahan se Kota Bitung. Hadir pula Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Rudy Hendra Pakpahan, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Aswan Idrak dan jajarannya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT