Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Istimewa)
Ahmad Islamy Jamil

DHAKA, iNews.id – Sedikitnya 25 orang tewas dan puluhan lainnya hilang dalam kecelakaan tenggelamnya kapal di Distrik Panchagarh, Provinsi Rangpur, Bangladesh, Minggu (26/9/2022). Peristiwa tersebut sudah berulang kali terjadi.

Administrator Distrik Panchagarh, Jahurul Islam mengatakan, sejumlah mayat telah ditemukan sejauh ini, termasuk 12 perempuan dan delapan anak-anak.

“Operasi penyelamatan korban yang hilang masih berlangsung,” katanya, dikutip seperti Reuters, kemarin.

Dia menuturkan, kapal feri itu membawa sebagian besar umat Hindu ke sebuah kuil untuk memperingati hari raya keagamaan mereka yang disebut Mahalaya.

Jahurul menuturkan, dia tidak tahu jumlah pasti korban yang hilang. Akan tetapi, penumpang mengatakan, ada lebih dari 70 orang berada di kapal yang tenggelam di Sungai Karatoya itu.

“Sebuah tim telah dibentuk untuk menyelidiki insiden itu,” katanya.

Polisi mengatakan, sekitar 20 orang masih hilang. Sementara beberapa penumpang berhasil berenang ke tepian sungai atau diselamatkan oleh orang lain.

Ratusan orang meninggal setiap tahun dalam kecelakaan feri di Bangladesh. Negara dataran rendah dengan perairan pedalaman yang luas itu memiliki standar keselamatan transportasi yang lemah.

Sedikitnya 34 orang tewas pada April tahun lalu setelah feri yang penuh sesak bertabrakan dengan sebuah kapal kargo dan tenggelam di Sungai Shitalakhsya di luar ibu kota Dhaka.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT