Irjen Pol Mulyatno didampingi para pejabat yang hadir, meresmikan Kantor Satpas yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. (Foto: Humas)
Subhan Sabu

TOMOHON, iNews.id Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno meresmikan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Tomohon, pada Jumat (29/4/2022) sore. Pelayanan kepada masyarakat pun semakin cepat dan mudah.

Walikota Tomohon Caroll Senduk dalam sambutan tertulis dibacakan Sekkot Tomohon Edwin Roring, mengatakan, dengan adanya Kantor Satpas Polres Tomohon ini merupakan salah satu wujud pelayanan publik yang dapat mempermudah masyarakat untuk mengaksesnya.

“Untuk itu tentunya Pemerintah Kota Tomohon mensupport pelayanan dari Polres Tomohon agar dapat lebih mendekatkan pelayanannya kepada masyarakat,” singkatnya.

Sementara itu Irjen Pol Mulyatno dalam sambutannya, menyatakan sangat bersyukur karena saat ini Polda Sulut telah memiliki gedung Satpas yang baru dan berada di wilayah hukum Polres Tomohon.

“Dengan adanya gedung Satpas ini bisa meningkatkan pelayanan SIM berupa penerbitan SIM baru dan perpanjangan SIM yang terintegrasi secara nasional, sehingga memudahkan masyarakat pada saat pengurusan SIM, khususnya bagi masyarakat Kota Tomohon. Dengan demikian pelayanan SIM menjadi lebih mudah, nyaman, dan lebih baik,” ujarnya.

Lanjut Irjen Pol Mulyatno menjelaskan,
pembangunan gedung Satpas ini merupakan program Korlantas Polri beserta jajaran di seluruh Indonesia sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik khususnya pelayanan SIM, sehingga dibangun sarana dan prasarana yang merupakan pendukung utama.

“Di samping itu, tujuan pembangunan gedung Satpas ini juga adalah untuk menumbuhkan rasa kepercayaan masyarakat bahwa Polri yang mandiri dan profesional mengutamakan kualitas dan juga meningkatkan tertib administrasi bagi masyarakat, dengan mengedepankan prinsip pelayanan cepat, efisien, responsif, disiplin, akuntabel dan sopan,” terangnya.

Irjen Pol Mulyatno pun berharap, dengan adanya gedung Satpas baru yang didukung aplikasi SIM Online ini dapat meningkatkan pelayanan SIM yang lebih baik dan berkualitas serta mewujudkan Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan).

“Dan tak lupa saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak pelaksana, Direktur Lalu Lintas Polda Sulut dan jajaran serta instansi terkait dan para mitra kerja yang telah mengambil bagian untuk pembangunan gedung Satpas ini,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Usai sambutan, Irjen Pol Mulyatno didampingi para pejabat yang hadir, meresmikan Kantor Satpas yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan pengguntingan pita di pintu masuk Kantor Satpas Polres Tomohon.

Selanjutnya, Irjen Pol Mulyatno beserta para pejabat tersebut meninjau langsung sejumlah ruangan yang ada di dalam Kantor Satpas. Dalam peninjauan ini Irjen Pol Mulyatno juga mendapatkan penjelasan mengenai mekanisme pelayanan SIM.

Peninjauan dilanjutkan hingga ke tempat ujian praktek SIM yang berada di bagian belakang kantor. Peresmian ini dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama di halaman depan Kantor Satpas Polres Tomohon.

Peresmian kantor yang berlokasi di Kelurahan Lansot, Kecamatan Tomohon Selatan ini dihadiri para Pejabat Utama Polda Sulut, Sekkot Tomohon dan Kapolres Tomohon beserta Forkopimda setempat ataupun yang mewakili, serta para tokoh agama.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT