Pemuda di India diikat di belakang motor dan dipaksa berlari mengikuti laju kendaraan. (Foto: ANI)
Umaya Khusniah

NEW DELHI, iNews.id - Perlakuan tidak manusia dialami Jagannath Bejera (22), pemuda dari India. Pasalnya, dia dipaksa berlari mengikuti laju sepeda motor di Kota Cuttack, Odisha, India, Minggu (16/10/2022) oleh dua orang pria.

Video dari pria malang itu pun viral di media sosial sementara dua pelaku ditangkap polisi. Dia diperlakukan dengan kejam hanya karena gagal mengembalikan uang 1.500 Rupee atau sekitar Rp280.000 yang dipinjamnya dari salah satu pelaku.

Dilansir dari indianexpress, Behera awalnya berjanji untuk membayar kembali uang itu dalam 30 hari kepada salah satu pelaku. Namun saat ditagih, dia gagal membayar sehingga mendapat 'hukuman'.

Pasca-videonya viral, polisi segera menangkap dua pelaku penyiksaan setelah korban melapor pada Senin (17/10/2022).

"Terdakwa didakwa dengan penahanan yang salah, penculikan dan percobaan pembunuhan," kata Wakil Komisaris Polisi Kota Cuttack, Pinak Mishra.

Dari keterangan pelaku, tangan Bejera diikat dengan seutas tali sepanjang 12 kaki atau 3,5 meter. Ujung tali yang lain diikatkan ke kendaraan roda dua.

Alhasil, Bejera terpaksa berlari di belakang kendaraan mulai dari Lapangan Stuartpatna ke Lapangan Sutahat, yang berjarak lebih dari dua kilometer saat motor mulai melaju. Dia berlari selama sekitar 20 menit.

Beberapa penduduk setempat yang melihat peristiwa itu langsung turun tangan di Sutahat Square dan menyelamatkannya.

Kepada polisi, korban mengaku terpaksa meminjam uang dari salah satu pelaku pada bulan lalu. Dia harus menggelar acara adat untuk kakeknya.

Selain menangkap dua pelaku, polisi juga mengamankan kendaraan roda dua dan tali yang digunakan keduanya.

Polisi juga mempertanyakan polisi lalu lintas yang bertugas di antara bentangan dua kilometer tersebut. Polisi ingin tahu alasan mereka tidak turun tangan untuk menghentikan penyiksaan tersebut.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT