Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir. (Foto: Antara)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo memastikan penanganan Covid-19 di daerah itu sudah berada dijalur yang tepat. Meski demikian pemerintah akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, dosis kedua hingga booster atau dosis penguat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir mengatakan untuk akurasi penanganannya Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo menggelar rapat evaluasi terkait validasi data dan percepatan vaksinasi.

Menurutnya, dengan pelaksanaan vaksinasi yang terus maksimal, Kabupaten Gorontalo untuk dosis dua berada pada angka 68,87 persen.

"Menandakan Kabupaten Gorontalo sudah bisa masuk masa transisi pandemi ke endemi," terang Roni, Minggu (19/6/2022).

Bahkan untuk mendorong agar vaksinasi mencapai angka 70 persen, sekaligus penanganan Covid-19 yang lebih optimal, mantan Kepala Dinas Kesehatan itu berencana membuat sebuah gerakan, pada Selasa pekan depan.

Yakni, menggelar layanan vaksinasi dosis dua Kabupaten Gorontalo secara 'door to door'.

"Bisa dilaksanakan di tempat, berkoordinasi dengan Camat, Kapolsek, Danramil untuk mengumpulkan masa serta dilakukan secara door to door,” ucapnya.

Walau capaian vaksinasi yang terus meningkat dan jumlah penderita Covid-19 melandai, Roni Sampir tetap mengingatkan satgas penanganan tetap waspada dan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat.

"Dosis tiga itu sesuai penelitian bahwa anti bodi menjadi tiga kali lipat, sehingga pemerintah terus menggenjot vaksinasi tersebut," kata Sekda.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT