Penjabat sementara Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, memimpin pelepasan KRI Ajak-653 dengan misi ekspedisi layanan kas Bank Indonesia di wilayah 3T di Sulawesi Utara. (Foto: Antara/HO-Dinas Penera
Antara

MANADO, iNews.id - Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado mengerahkan KRI Ajak-653 membawa ekspedisi layanan kas Bank Indonesia di wilayah Terdepan Terluar dan Terpencil (3T) di Sulawesi Utara (Sulut). Kapal tersebut akan singgah di beberapa tempat.

"Pelepasan ekspedisi layanan kas Bank Indonesia tersebut berlangsung di dermaga Samuel Langunyu Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL

‌ VIII/Manado di Bitung," kata Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado, Minggu (17/7/2022).

Kas keliling 3T memakai KRI Ajak-653 di perairan Provinsi Sulawesi Utara akan menempuh rute Manado, Pulau Rarinis, Pulau Karatung, Pulau Marampit, Pulau Miangas, Pulau Marore, Pulau Kalama dan kembali ke Manado dengan total jarak tempuh mencapai 728 mil laut.

Menurut Pontoh, Penjabat sementara Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII/Manado, Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, menyatakan, hal itu kerja sama mereka dengan Bank Indonesia sebagai layanan kas di pulau-pulau 3T di wilayahnya dengan tema "Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022".

Latar belakang kerja sama ini merupakan kolaborasi antara tugas menjaga kedaulatan di pulau terdepan di daerah perbatasan dan tugas menjamin tersedianya uang rupiah dalam jumlah yang cukup di pulau daerah perbatasan.

"Melalui kegiatan itu dapat menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap Rupiah sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat di kepulauan 3T, bahwa Rupiah merupakan mata uang resmi NKRI dan sebagai alat transaksi resmi di wilayah NKRI sehingga harus dijaga dan digunakan secara baik," katanya.

Pada saat itu, Wicaksono menekankan kepada komandan dan seluruh pelaut KRI Ajak-653 agar menjalin komunikasi yang baik dengan personil Bank Indonesia yang turut berlayar. Kemudian melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, selalu memutakhirkan berita cuaca dan perhatikan keamanan bernavigasi, serta mengutamakan nihil kecelakaan, mengutamakan keselamatan personel dan material.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT