Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat membuka Turnamen Catur Gubernur Cup di Hotel Aston Kota Gorontalo, Kamis (15/9/2022). (Foto: Antara)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membuka Gorontalo Open Tournament Catur Beregu Gubernur Cup VIIII se-Indonesia Timur tahun 2022 di Hotel Aston Kota Gorontalo. Turnamen catur tersebut diikuti oleh 62 regu yang berasal dari delapan provinsi di Indonesia Timur.

"Saya mengapresiasi Gorontalo yang telah menggelar pertandingan, karena kompetisi itu sangat penting. Tanpa kompetisi, maka kita tidak bisa mengukur pelatihan dan pembinaan yang sudah dilakukan," kata Zainudin, Kamis (14/9/2022).

Menurutnya catur menjadi salah satu cabang olahraga penyumbang medali bagi Indonesia dalam setiap kejuaraan tingkat dunia, Asia, maupun Asia Tenggara.

"Di Sea Games 2021 di Vietnam, catur menyumbang tiga medali emas. Saya tidak tahu apakah ada atlet dari Gorontalo yang ikut atau tidak. Yang pasti catur ini berprestasi karena organisasinya diurus oleh orang yang hidupnya di catur, sehingga tata kelola organisasinya juga baik," jelasnya.

Ia berharap ada kompetisi catur yang lebih banyak di berbagai tingkatan, untuk merangsang lahirnya atlet-atlet catur yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyebut pihaknya menggelar turnamen tersebut untuk mendongkrak perekonomian daerah.

“Waktu saya baru datang bertugas di Gorontalo, ekonomi di daerah ini kurang berputar karena pandemi. Sekarang masyarakat mulai bergeliat, dengan adanya kegiatan-kegiatan olahraga seperti ini,” kata Hamka.

Ia meminta seluruh peserta turnamen bertanding dengan serius dan sportif, sehingga lahir calon-calon atlet berkualitas.

Peserta turnamen terdiri atas Sulawesi Utara sembilan regu, Sulawesi Selatan tiga regu, Sulawesi Tengah dua regu, Sulawesi Tenggara satu regu, Sulawesi Barat satu regu, Ambon satu regu, Maluku Utara satu regu, dan sisanya adalah peserta dari Gorontalo.

Sedangkan peserta penataran dan upgrading wasit tingkat nasional terdiri dari Sulawesi Tengah dua orang, Sulawesi Selatan tiga orang, Sulawesi Utara dua orang, Sulawesi Tenggara satu orang, dan Gorontalo 15 orang.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT