Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Minajasa Tenggara. (Foto: Antara)
Antara

MINAHASA TENGGARA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara menargetkan pemberian vaksin dosis dua bagi masyarakat di daerah itu mencapai 70 persen. Target tersebut harus tercapai pada akhir Maret 2022 dari target 90.188 orang.

"Sampai dengan tanggal 31 Maret, vaksinasi dosis dua sudah harus mencapai 63.140 orang atau 70 persen. Wilayah yang masih di bawah 60 persen diupayakan terus mengejar target 70 persen mengingat sudah ada kecamatan yang mencapai angka 70 persen,” kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Minahasa Tenggara Arnold Mokosolang di Ratahan, Kamis (24/3/2₩22).

Hingga saat ini, jumlah warga Minahasa Tenggara yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama berjumlah 85.148 orang atau 94,41 persen, sedangkan dosis kedua sejumlah 59.487 orang atau 65,96 persen.

Khusus untuk vaksinasi penguat atau dosis tiga telah divaksin 4.453 orang atau 4,9 persen.

Ia mengatakan pemerintah kecamatan, desa, dan kelurahan diminta terus mengoptimalkan sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

"Kami telah perintahkan kepada seluruh jajaran yang ada di tingkat kecamatan dan kelurahan serta desa agar lebih giat mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu mengungkapkan pihaknya secara rutin melakukan vaksinasi.

"Petugas vaksinasi Dinas Kesehatan setiap hari berada di desa dan kelurahan untuk melakukan vaksinasi," ujarnya.

Dia mengakui dalam sebulan terakhir terjadi peningkatan jumlah warga yang divaksin dengan jumlah hampir 2.000 orang per hari.

"Memang ada peningkatan jumlah warga yang mendapatkan vaksin. Ini karena ada petunjuk agar warga yang mendapatkan bantuan wajib divaksin minimal dosis dua," katanya.

Helni mengajak seluruh masyarakat agar mau untuk divaksin dalam upaya membentuk kekebalan tubuh saat pandemi Covid-19.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT