Para nelayan tangkap di daerah Gorontalo Utara diingatkan untuk senantiasa mewaspadai gelombang tinggi.(Foto: MPI/Cahya Sumirat/ilustrasi)
Antara

GORONTALO, iNews.id - Para nelayan tangkap di daerah Gorontalo Utara diingatkan untuk senantiasa mewaspadai gelombang tinggi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca termasuk potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan.

"Potensi itu juga dapat terjadi di perairan wilayah kita, maka kewaspadaan tinggi wajib diberlakukan," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau, di Gorontalo, Minggu (24/7/2022).

Menurut dia, tingginya kasus kecelakaan lalu lintas di laut, didominasi akibat gelombang tinggi yang menerjang tiba-tiba.

Ditambah ketidaksiapan nelayan saat melaut akibat tidak memerhatikan prakiraan cuaca dan standar operasional prosedur.

Olehnya ia mengimbau, agar seluruh nelayan di daerah itu dapat membekali aktivitas dengan informasi terkini terkait cuaca.

Jika tidak memiliki perangkat seluler untuk mengakses rilis dari pihak BMKG, nelayan diharapkan bisa berkoordinasi dengan aparat desa atau langsung bertanya ke kepala desa bahkan camat untuk mendapatkan informasi terkini.

Sehingga kemungkinan terburuk saat melaut dapat diantisipasi.

Ia pun mengingatkan seluruh nelayan tangkap untuk memakai baju pelampung yang telah disalurkan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

"Jangan lupa untuk memakai bantuan baju pelampung yang telah disalurkan sebab pemerintah menyalurkannya sebagai bentuk perhatian terhadap keselamatan nelayan," ujarnya.

Nelayan pun diingatkan untuk selalu membawa alat komunikasi, minimal handphone agar bisa melakukan kontak jika terjadi sesuatu yang dianggap mengancam keselamatan selama melaut.

"Berlaku waspada, tidak nekat melaut saat cuaca ekstrem dan senantiasa menerapkan standar operasional prosedur dalam menjalankan profesi, dihadapkan mencegah kasus kecelakaan nelayan saat melaut,"ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT