Pemerintah Provinsi Sulut berharap 15 kabupaten dan kota di daerah tersebut miliki cadangan beras, ajak Sekdaprov Praseno Hadi. (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berharap 15 kabupaten dan kota di daerah tersebut memiliki cadangan beras. Hal itu untuk mengantisipasi perkuat ketahanan stok pangan.

"Cadangan beras ini di luar beras cadangan khusus dari Kementerian Sosial yang dikelola dinas sosial," kata  Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Praseno Hadi di Manado, Kamis (28/7/2022).

Saat ini, kata dia, terjadi krisis pangan dunia, salah satunya akibat perang sehingga banyak negara yang mengalami krisis.

"Di Amerika membagi makan gratis karena yang mempunyai pendapatan menengah pun, di beberapa negara sudah naik 10 kali lipat dari harga," katanya menambahkan.

Pemerintah daerah wajib mencegah terjadinya kerawanan pangan di 15 kabupaten dan kota yang ada di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta orang tersebut.

"Ketahanan pangan harus terbangun ke seluruh pelosok, pak Wagub juga berpesan yang paling penting kita harus wujudkan kedaulatan pangan, "Nah jadi kedaulatan pangan ini sangat sangat penting dan masyarakat segera melapor ke instansi terkait secara berjenjang kalau memang terjadi kerawanan pangan di suatu daerah," ajaknya.

Di provinsi, sebut dia, juga memiliki cadangan beras yang sewaktu-waktu dapat didistribusikan bila di kabupaten dan kota tidak tersedia lagi.

Hal ini merupakan tugas pemerintah, negara harus hadir di tengah masyarakat apalagi untuk urusan pangan.

"Karena itu  diharapkan seluruh kabupaten kota mempunyai atau setiap tahun mengadakan cadangan, beberapa daerah sementara dalam proses dan mungkin sebentar lagi semua kabupaten dan kota punya cadangan beras," katanya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT