Wali Kota Tomohon, Caroll JA Senduk.(Foto: Antara)
Antara

TOMOHON, iNews.id- Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara mengajak petani memanfaatkan lahan tidur, Tujuannya untuk menopang kedaulatan dan ketahanan pangan di daerah tersebut.

"Mari memanfaatkan lahan tidur untuk bertani dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan," kata Wali Kota Caroll JA Senduk di Tomohon, Kamis (1/9/2022).

Tujuan dari pemanfaatan lahan tidur tersebut adalah mewujudkan peningkatan produksi komoditas pertanian, mendorong terwujudnya kedaulatan dan ketahanan pangan.

Pemerintah kota mendukung terwujudnya kedaulatan dan ketahanan pangan melalui bantuan benih padi, jagung, pupuk dan alat pengelolaan hasil pertanian kepada kelompok tani penerima.

"Kami juga berharap petani menyiasati permasalahan pupuk, artinya petani dapat memanfaatkan pupuk organik dalam pengelolaan sektor pertanian.

Wali Kota mengatakan, perhatian pemerintah pusat kepada para petani yang ada di Kota Tomohon sangat membantu peningkatan hasil pertanian.

"Bantuan ini diharapkan akan memberi manfaat yang besar dalam rangka memajukan pertanian di kota ini," katanya menambahkan.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu SSTP menjelaskan, bantuan yang diserahkan saat ini adalah bantuan pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Sulut yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon.

Jenis bantuan kali ini berupa benih jagung varietas JH28/29, benih padi varietas Inpari 32 serta bantuan mesin pemipil jagung, sedangkan untuk bantuan pupuk NPK Mutiara, Urea, SP36 dari APBD Kota Tomohon.

"Penerima bantuan pupuk, yakni sebagian kelompok tani yang tersebar di lima Kecamatan yang ada di Kota Tomohon," ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT