lustrasi Covid varian omicron mampu melawan efektivitas vaksin. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

BERLIN, iNews.id – Kembali dari perjalanan bisnis di Afrika Selatan (Afsel), empat orang di Jerman dinyatakan positif terinfeksi Covid varian Omicron, Selasa (30/11/2021) waktu setempat. Padahal, mereka semua telah divaksinasi lengkap dengan dua dosis vaksin Corona.

Kantor Kesehatan Masyarakat di Negara Bagian Baden-Wuerttemberg, Jerman Selatan, menyatakan bahwa tiga dari empat pasien yang terinfeksi varian Omicron itu baru saja kembali dari perjalanan bisnis ke Afrika Selatan. Mereka tiba di Jerman pada 26 dan 27 November lalu. 

Sementara, pasien keempat adalah anggota keluarga dari salah satu orang yang terinfeksi sepulang dari Afsel tersebut.

“Keempat orang tersebut telah divaksinasi penuh,” ungkap Kantor Kesehatan Masyarakat di Negara Bagian Baden-Wuerttemberg, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Rabu (1/12/2021).

“Analisis mutasi yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Negara telah mengonfirmasi bahwa mereka semua terinfeksi dengan varian baru (omicron) yang menjadi perhatian,” kata kantor itu lagi. 

Saat ini, keempat pasien Covid-19 itu telah dikarantina. Mereka semua menunjukkan gejala sedang, kata kantor kesehatan tersebut.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT