Personel melakukan pemeriksaan kartu vaksin terhadap para pengguna jalan. (Foto: Humas)
Cahya Sumirat

BITUNG, iNews.id – Polres Bitung bersama instansi terkait terus menggelar operasi yustisi protokol kesehatan (prokes). Sasaran operasi yaitu warga masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi Covid-19 ataupun yang belum lengkap dosisnya.

Seperti yang dilakukan pada Senin (15/8/2022) di pintu masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Bitung. Petugas gabungan terdiri atas Polres Bitung dan Polsek Matuari, Sat Pol PP serta Dinas Perhubungan Kota Bitung menggelar operasi dalam bentuk pemeriksaan kartu vaksin terhadap para pengguna jalan.

Kasi Humas Polres Bitung Ipda Iwan Setyabudi, membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, dalam operasi tersebut didapati ratusan warga yang belum divaksin ataupun yang belum lengkap dosisnya.

“Ratusan warga tersebut lalu diarahkan ke gerai vaksin di pintu masuk KEK untuk melaksanakan vaksinasi maupun melengkapi dosis,” ujarnya.

Sebelum divaksinasi, warga diperiksa kondisi kesehatannya. Dari total 127 warga, dua di antaranya tidak memenuhi syarat kesehatan untuk divaksin.

“Dan yang berhasil disuntik vaksin sebanyak 125 orang,” ucap Ipda Iwan.

Ditambahkannya, petugas juga memberikan teguran lisan secara humanis bagi warga yang tidak memakai masker, termasuk menyampaikan imbauan tertib berlalu lintas.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, sebagai salah satu upaya menekan laju penyebaran Covid-19,” kata Ipda Iwan.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT