Corona Virus. (Foto: Antara)
Antara

MANADO,iNews.id - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berada pada level dua asesmen situasi pandemi Covid-19 pada 5 Juni 2022. Indikator asesmen mencakup transmisi komunitas, kapasitas respon dan vaksinasi.

"Hasil asesmen transmisi komunitas berada pada tingkat satu, kapasitas respon terbatas dan vaksinasi sedang," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Sukut, Mery B Pasorong, Rabu (8/6/2022).

Indikator transmisi komunitas seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit dan kematian hasil asesmen berada pada tingkat satu.

Selanjutnya, indikator kapasitas respon seperti testing hasil asesmen memadai, penelusuran terbatas dan perawatan memadai.

Sedangkan, indikator vaksinasi seperti vaksinasi lengkap total dan vaksinasi lengkap lansia hasil asesemen sedang.

"Aktivitas masyarakat sudah mulai normal, karena itu kami terus berharap warga disiplin menerapkan protokol kesehatan termasuk upaya kami menggenjot cakupan vaksinasi," kata Mery.

Asesmen situasi pandemi Covid-19 di kabupaten dan kota, menempatkan Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kota Manado berada pada level satu.

Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berada di level tiga.

Sementara, sembilan kabupaten dan kota lainnya berada pada level dua asesmen situasi pandemi Covid-19.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT