Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado yang secara bersama melakukan penanaman mangrove di Desa Budo, Minahasa Utara dalam rangka Hari Mangrove Sedunia 2022, di Manado, Rabu (27/7/2022). (Foto: Antara)
Antara

MANADO,iNews.id - TNI Angkatan Laut (AL) mencetak rekor penanaman mangrove terbanyak di dunia. Hal ini terlihat dalam kolaborasi bersama Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado yang melakukan penanaman mangrove di Desa Budo, Minahasa Utara dalam rangka Hari Mangrove Sedunia 2022.

"Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan senilai Rp 200 juta, sebagai dukungan PLN kepada TNI AL cetak rekor dalam penanaman bibit mangrove terbanyak sedunia," kata GM PLN Suluttenggo Leo Basuki, di Manado, Rabu (27/7/2022).

PT PLN (Persero) dalam wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tak hanya memberikan pendampingan ekonomi bagi masyarakat saja tetapi sekaligus mengajak masyarakat berperan aktif dalam pengelolaan dan konservasi lingkungan laut.

Kegiatan penanaman mangrove tersebut dilaksanakan secara serentak di Indonesia dan berhasil memecahkan Rekor Dunia serta mencatatkan Rekor oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo konsisten melakukan program konservasi lingkungan laut untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya mengantisipasi abrasi.

Hingga saat ini, sebanyak 10.000 bibit pohon mangrove telah ditanam pada lokasi tersebar di Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara yang lokasinya berdekatan dengan salah satu dari lima “Destinasi Super Prioritas” yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Leo Basuki menjelaskan langkah yang dilakukan PLN dalam pengelolaan lingkungan laut ini sejalan dengan prinsip SDG's. Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PLN ingin kehadiran korporat juga memberikan dampak bagi keberlangsungan lingkungan sekitar.

"Ini merupakan implementasi dari transformasi PLN yang Green dan Clean. Kami melibatkan stakeholder bersama masyarakat sekitar untuk bisa turut aktif dalam pelestarian ekosistem laut dan pesisir sehingga bisa memberikan dampak perekonomian ke masyarakat," ujar Basuki.

Harapannya, selain mendapatkan lingkungan yang lebih bersih melalui kolaborasi program ini juga mampu mendorong perekonomian masyarakat lewat ekowisata Desa Budo yang tetap mengutamakan aspek konservasi alam.

"Program-program ini tentu akan terus dilakukan oleh PLN karena manfaatnya telah dirasakan masyarakat. Tak hanya menjaga ekosistem laut namun juga turut mendongkrak kesejahteraan warga sekitar," kata Basuki.

Berkaitan dengan hal tersebut, Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J Tangka mengucapkan apresiasi kepada PLN sebagai mitra dalam hal penanaman bibit mangrove di wilayah pesisir khususnya di wilayah yang menjadi Daerah Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

“Sinergi yang sudah terjalin dengan baik, semoga segala bentuk dukungan serta bantuan PLN dapat memberikan manfaat. Melalui kegiatan ini kami harap sinergi antara TNI dan PLN akan semakin baik ke depannya dalam mendukung program-program untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ucap Nouldy.

PLN senantiasa bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan keandalan listrik di Indonesia agar dapat Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan Nomor 1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi.

Untuk kemudahan layanan listrik dimana saja dan kapan saja, pelanggan dapat mengakses layanan kelistrikan melalui Aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload di Play Store dan App Store. Nikmati Layanan PLN hanya dalam satu genggaman, PLN Mobile Semua Makin Mudah.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT