Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat memimpin rapat TPID, di Manado, Kamis (18/11/2021). (Foto: Antara)
Antara

MANADO, iNews.id - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Utara (Sulut)  terus meningkatkan koordinasi  dalam menjaga inflasi tetap stabil jelang perayaan Natal 2021 di Kota Manado. Dengan prinsip 4K diharapkan semua bisa berjalan dengan baik.

"Sehingga TPID Sulut juga berkoordinasi untuk menyusun roadmap tersebut yang akan ditindaklanjuti dengan penyusunan program kerja pada awal tahun 2022 dari prinsip 4K," kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Kamis.

Roadmap tersebut, katanya, terdiri dari key strategies 4K yakni keterjangkauan harga dengan program stabilisasi harga dan mengelola permintaan.

Kedua, ketersediaan pasokan dengan program produksi domestik, penguatan cadangan pangan pemerintah, dan memperkuat kelembagaan.

Ketiga, kelancaran distribusi dengan program penguatan KAD dan penguatan infrastruktur perdagangan. Keempat jomunikasi efektif dengan memperbaiki kualitas data, memperkuat koordinasi pusat dan daerah, serta mengendalikan ekspektasi inflasi. 

Ke depan koordinasi intensif dan sinergi antar dinas/instansi terkait yang sudah sangat baik ini perlu dipertahankan, dan senantiasa ditingkatkan dengan berpedoman pada prinsip 4K. 

BI dalam hal ini berkomitmen untuk memberikan update kajian perekonomian dan perkembangan inflasi kepada pemerintah daerah secara berkala.

"BI mempercepat digitalisasi ekonomi dan keuangan di Sulut, serta mendorong pemanfaatan teknologi digital bagi usaha-usaha lokal untuk menjaga roda perekonomian tetap tumbuh dengan aman di tengah kondisi pandemi," katanya. 


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT