Ilustrasi virus Covid-19. (Foto: iNews)
Antara

MANADO, iNews.id - Warga Minahasa Utara diminta tetap menaati protokol kesehatan (prokes) meski tren kasus Covid-19 turun. Prokes tak bisa diabaikan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Walaupun kasus Covid-19 mulai turun, namun warga harus tetap prokes Covid-19, jangan lalai," kata Bupati Minahasa Utara Joune Ganda di Manado, Senin (28/3/2022).

Dia mengatakan kondisi penyebaran Covid-19 di daerah setempat saat ini semakin landai, setelah sebelumnya zona merah dengan dengan jumlah 1.000-an kasus.

"Saya harap masyarakat untuk tidak lengah dan tetap menerapkan prokes,” katanya.

Data terbaru, pertambahan kasus positif harian pada hari ini lima kasus dengan akumulasi pasien Covid-19 sebanyak 5.816 orang namun telah sembuh dan meninggal 95 orang.

“Hampir semua kasus pasien positif, hanya melakukan isolasi mandiri karena bergejala ringan,” katanya.

Untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunal dari penularan Covid-19, masyarakat diajak menjalani vaksinasi secara lengkap. Gerai-gerai vaksinasi setiap hari dibuka di 10 kecamatan sekabupaten itu.

“Kami selalu memonitor perkembangan lewat Dinas Kesehatan. Bagi yang belum divaksin lengkap, bisa mendatangi gerai vaksin. Ketersediaan vaksin kita juga cukup, kami berharap supaya semua kecamatan berada di zona hijau,” ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT