Seorang pasien menerima vaksin lewat hidung atau dikenal dengan sebutan vaksin internasal (ilustrasi). (Foto: PTI)
Ahmad Islamy Jamil

MOSKOW, iNews.id –  Institut Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya mengklaim vaksin intranasal buatannya ampuh melawan semua varian virus corona. Vaksin hidung buatan Rusia itu dinilai memiliki efisien oleh lembaga yang mengembangkan vaksin tersebut. 

“Kami telah mengamati bahwa vaksin intranasal yang saat ini tersedia dan sudah terdaftar menunjukkan efisiensi tinggi dalam melindungi terhadap semua jenis (virus corona), membentuk kekebalan mukosa terhadap patogen,” kata Direktur Pusat Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya, Alexander Gintsburg, kepada kantor berita Sputnik, Senin (15/8/2022).

Kementerian Kesehatan Rusia mendaftarkan vaksin intranasal pertama di dunia untuk melawan Covid-19 pada April lalu. Vaksin jenis tersebut dimasukkan lewat hidung.

Pada Maret lalu, Gintsburg mengatakan, vaksin baru itu efektif melawan Covid varian Omicron. Menurut dia, vaksin baru itu akan digunakan sebagai booster alias penguat, di samping vaksin Sputnik V, sampai ada cukup bukti bahwa metode intranasal itu memberikan tingkat perlindungan yang sama dengan injeksi.

Pada November tahun lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan diri untuk menjadi sukarelawan dalam pengujian vaksin baru itu. Putin mengatakan, dia tidak merasakan efek samping setelah menjalani prosedur tersebut.

Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin Covid-19. Vaksin yang dinamai Sputnik V mendapat izin dari otoritas kesehatan negara itu pada Agustus 2020. 

Kementerian Kesehatan Rusia juga telah mendaftarkan vaksin corona yang baru, Sputnik M, untuk remaja berusia 12-17 tahun. Gintsburg mengatakan, proses uji klinis suntikan Sputnik untuk anak-anak berusia 6-11 saat ini sedang berlangsung di Moskow.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT