Tangkapan layar siswa nekat menantang maut bergelayutan di jembatan gantung demi sekolah di Gorontalo. (Foto: iNews/Burhan Undu)
Burhan Undu

GORONTALO, iNews.id - Rekaman video siswa bergelayutan di jembatan gantung untuk menyeberangi sungai viral di media sosial. Peristiwa ini terjadi di Desa Datahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Aksi nekat menantang maut ini dilakukan siswa demi pergi ke sekolah. Akses jembatan yang rusak tersebut menjadi salah satu jalan sebab bila memutar lebih memakan waktu lama.

Dalam tayangan video yang viral, tampak siswa SMK dengan penuh kehati-hatian bergelayutan untuk menyeberang lewat jembatan. Dia terpaksa mengambil langkah nekat ini lantaran sedang ujian sekolah.

Jani Lagarusu warga setempat mengatakan, jembatan gantung ini menghubungkan dua desa yakni Datahu dan Isimu Raya. Sementara jalur alternatif lain, warga harus melewati Jalan Gorontalo Outer Ringroad yang jaraknya 300 meter dari permukiman warga.

"Jembatan ini ibangun tujuh tahun lalu dan rusak akibat diterjang banjir bandang pekan lalu," ujar Jani, Rabu (17/11/2021).

Sementara itu, Kepala Desa Datahu Saiful Hemu mengatakan, selain akibat banjir, jembatan gantung sepanjang 45 meter ini rusak tertimpa pohon yang terbawa arus banjir beberapa waktu lalu.

"Ada dua yang rusak karena tertimpa pohon yang terbawa arus banjir," katanya.

Menurutnya, pemerintah desa setempat telah mengajukan proposal perbaikan jembatan gantung kepada pemda. Jika tahun ini belum bisa diperbaiki, maka realisasinya tahun mendatang.

"Kami sudah anggarakan di anggaran perubahan. Kami sudah koordinasi dengan instansi terkait untuk perbaikan. Priotitas kami perbaikan nanti Januari 2022 dengan menggunakan dana desa," ujarnya.

Untuk menjaga keselamatan warga, pemerintah desa telah melarang melewati jembatan tersebut. Warga diminta untuk memutar arah meski jaraknya cukup jauh untuk bisa sampai ke desa seberang.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT