Wamendagri John Wempi Wetipo menyebut tiga provinsi baru di Papua membutuhkan ribuan ASN. (Foto: Dok.SINDOnews)
Widya Michella

JAKARTA, iNews.id - Tiga provinsi daerah otonomi baru (DOB) Papua yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan telah diresmikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk menjalankan pemerintahan ketiga provinsi tersebut membutuhkan ribuan aparatur sipil negara (ASN).

"Kebutuhan satu DOB yang baru kurang lebih sekitar 1.056 orang. Itu memang tidak terpenuhi ada yang 800. Tapi kita tunggu lengkap dulu baru jalan,"ujar Wamendagri John Wempi Wetimpo di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Dia menjelaskan penerimaan ASN di tiga provinsi baru di Papua akan dilaksanakan secara bertahap. Hal ini dilakukan agar tidak menganggu penyusunan APBD 2023.

"Saya kira teman-teman sudah kerja luar biasa diskusi beberapa kali dengan penjabat gubernur yang hari ini dilantik. Ini tinggal running minggu depan, tinggal running," kata Wempi.

Lebih lanjut, Wempi menyampaikan kebutuhan ASN di wilayah DOB akan didatangkan dari berbagai provinsi, kabupaten hingga kementerian lembaga. Sebab wilayah DOB Papua dijalankan mulai dari nol.

"ASN ada dari provinsi, ada dari kabupaten, ada dari kementerian lembaga. Kenapa kita harus mix karena ini DOB yang baru. Memulai sesuatu dari nol," tuturnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT