Antisipasi Aksi Anarkis, Begini Skenario Pengamanan Polda Sulut di Pilkada 2020

Antara ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 10:46 WITA
Antisipasi Aksi Anarkis, Begini Skenario Pengamanan Polda Sulut di Pilkada 2020
Polda Sulut saat menggelar simulasi pengamanan Pilkada 2020. (Foto: ANTARA/Humas Polda Sulut)

MANADO, iNews.id - Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Simulasi ini sebagai skenario penanganan aksi unjuk rasa yang berujung anarkis.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abast mengatakan, simulasi tersebut menskenariokan di salah sebuah tempat pemungutan suara (TPS) wilayah hukum Polsek Wenang Manado terjadi ketidakpuasan warga atas pelaksanaan pencoblosan.

Massa kemudian mencoba memprotesnya hingga berujung tindakan anarkis.

"Untuk mengantisipasi, polisi menurunkan tim negosiator dari personel polwan, pasukan dalmas awal, pasukan dalmas lanjut dan pasukan PHH Brimob," ujar Abast di lokasi kegiatan simulasi, halaman apel AKP Bryan Teophany Tatontos Mako Polda Sulut, Kamis (15/10/2020).

Simulasi diikuti personel Polda Sulut dari berbagai fungsi, mulai dari Samapta, Intel, Reskrim, Polwan, Dokkes dan Brimob.

Simulasi dipimpin Direktur Samapta Polda Sulut Kombes Pol Hery Murwono bersama Dansat Brimob Kombes Pol Bruri Soekotjo.

Dirsamapta Kombes Pol Hery Murwono mengatakan, simulasi ini merupakan penjabaran dari Perkap Nomor 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa. Simulasi ini merupakan bagian dari kesiapsiagaan Polda Sulut dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak 2020, khususnya di Sulut.

"Kami berharap pelaksanaan pilkada di Sulut berjalan dengan aman, damai dan sehat," katanya.

Provinsi Sulut pada tahun 2020, akan melaksanakan delapan pilkada secara serentak, yakni Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon. Kemudian Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur.


Editor : Donald Karouw