Antisipasi Rawan Pangan, Bulog Sulutgo Siapkan Stok 100 Ton Beras di setiap Kabupaten Kota

Antara · Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:06:00 WITA
Antisipasi Rawan Pangan, Bulog Sulutgo Siapkan Stok 100 Ton Beras di setiap Kabupaten Kota
Kepala Perum Bulog Sulutgo Ali  Ahmad Najih, di Manado. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) menyiapkan stok beras melalui apa yang dinamakan cadangan beras pemerintah (CBP). Hal itu mengantisipasi kerawanan pangan ataupun bencana alam. 

"Pemerintah Provinsi Sulut dan 15 kabupaten/kota memiliki CBP yang setiap waktu bisa diambil di Bulog jika terjadi bencana alam dan kerawanan pangan," kata Kepala Perum Bulog Sulutgo Ali  Ahmad Najih, di Manado, Selasa (9/8/2022).

CBP  kabupaten dan kota masing-masing sebanyak 100 ton, sedangkan pemerintah provinsi sebanyak 200 ton dan berlaku selama satu tahun saja, nanti di tahun berikutnya kuota yang sama akan berlaku, tapi tidak berlaku kelipatan.

"Jadi, jika jatah beras CBP tidak digunakan di tahun ini, tahun depan nanti akan ada kuota yang sama, tapi sisa tahun ini dianggap tidak ada lagi," katanya

Dia mengatakan sejak Januari sampai saat ini CBP yang diambil baru 204 ton oleh  kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Bolaang Mongondouw, Kota Bitung dan juga dari Provinsi Gorontalo yang menjadi wilayah kerja Bulog.

Ali menjelaskan beras CBP ini digunakan jika terjadi bencana alam, rawan pangan maupun bencana lainnya di suatu daerah dan harus permintaan dari bupati maupun walikota.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: