APBD 2022 Turun, Bone Bolango Kehilangan Rp156 Miliar

syarif wibowo · Selasa, 16 November 2021 - 19:53:00 WITA
 APBD 2022 Turun, Bone Bolango Kehilangan Rp156 Miliar
Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengakui bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Bolango tahun 2022 mengalami penurunan maupun kontraksi yang sangat berat dan luar biasa.

BONE BOLANGO, iNews.id– Bupati Bone Bolango Hamim Pou, mengakui bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Bolango pada 2022 mengalami penurunan maupun kontraksi yang sangat berat dan luar biasa. Hal ini diutarakan Bupati Hamim Pou pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Pembicaraan Tingkat I Terhadap Ranperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bone Bolango Anggaran 2022, di ruang Sidang DPRD Bone Bolango, Selasa (16/11/2021).

Kata Bupati, saya harus bicara pahit ini. Tidak seperti biasanya, kita dalam kondisi sedang tidak baik-baik saja, pendapatan negara turun, maka itu juga berdampak terhadap dana transfer daerah termasuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga ikut turun.

“Lebih kurang pendapatan kita yang hilang pada 2022 nanti adalah hingga Rp156 miliar. Banyak sekali untuk ukuran kita di Kabupaten Bone Bolango,”ucap Bupati Hamim Pou di hadapan pimpinan dan anggota DPRD, Sekda Ishak Ntoma, dan pimpinan OPD pada rapat paripurna tersebut.

Ia menyebutkan dari Rp1,080 triliun APBD Bone Bolango pada 2021, maka tahun depan APBD Bone Bolango berkurang hanya sekitar Rp940 miliar. Hamim mengakui tentu kami semua telah bekerja keras dan berupaya semaksimal mungkin mengelola anggaran yang terbatas ini di tengah banyak program kegiatan, termasuk janji politik Hamim Pou-Merlan Uloli (HP-MU) harus kami cicil, yang harus kami realisasikan kepada masyarakat.

“Akan tetapi ada pembelanjaan wajib. Belanja pendidikan dan kesehatan, itu harus alokasikan, karena itu menjadi perintah Undang-Undang, dan itu memastikan layanan pendidikan dan kesehatan harus tetap berjalan dengan baik,”kta Bupati dua periode itu.  CM

Editor : Syarif Wibowo

Bagikan Artikel: