Aturan Perjalanan Udara Tanpa PCR-Rapid Bangkitkan Pariwisata Sulut

Antara · Kamis, 10 Maret 2022 - 08:42:00 WITA
Aturan Perjalanan Udara Tanpa PCR-Rapid Bangkitkan Pariwisata Sulut
Penumpang di Bandara Samrat mulai alami peningkatan, di Manado, Rabu (09/03/2022). (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Aturan perjalanan udara tanpa tes RT-PCR atau rapid test antigen diharapkan mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut). Begitu juga dengan bisnis penerbangan kembali pulih.

"Harus diakui adanya pandemi Covid-19 membuat sektor pariwisata di Sulut turun signifikan," kata General Manager Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Minggus Gandeguai di Manado, Rabu (9/3/2022).

Minggus mengatakan kebijakan ini akan membawa dampak yang positif bagi bisnis penerbangan yang tentunya diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian dan industri pariwisata daerah.

Dia menjelaskan seiring dengan diterbitkannya Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI Nomor 21 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19, Bandara Sam Ratulangi Manado turut mengimplementasikan aturan perjalanan tersebut.

Adapun dalam surat edaran tersebut mengatur ketentuan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara diantaranya yakni, Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Sedangkan PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: