Bahas Masalah Danau Tondano, Pangdam XIII Merdeka: Semua Stakeholder Harus Terlibat

Subhan Sabu · Selasa, 30 November 2021 - 16:05:00 WITA
Bahas Masalah Danau Tondano, Pangdam XIII Merdeka: Semua Stakeholder Harus Terlibat
Sarasehan penanganan permasalahan Danau Tondano di Benteng Moraya Tondano, Selasa (30/11/2021).(Foto: Pendam Merdeka)

MANADO, iNews.id - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti WF Mamahit memimpin sarasehan penanganan permasalahan Danau Tondano di Benteng Moraya Tondano, Selasa (30/11/2021). Tujuan sarasehan untuk mencari solusi masalah danau tersebut.

"Dalam rangka menangani permasalahan Danau Tondano perlu diselenggarakan sarasehan. Dengan kegiatan sarasehan ini dapat menghasilkan solusi yang komprehensif untuk menangani berbagai permasalahan yang sangat kompleks terkait Danau Tondano," kata Pangdam XIII/Merdeka. 

Danau Tondano adalah salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi masyarakat Sulawesi Utara, terlebih khusus warga Minahasa yang berada di sekitar Danau Tondano dan di sepanjang daerah aliran sungai yang bermata air di daerah Danau Tondano.

Pangdam XIII/Merdeka mengatakan Danau Tondano yang dibanggakan tidak bisa lepas dari belitan masalah yang sangat kompleks. Mulai dari ancaman pendangkalan akibat tumbuh suburnya gulma eceng gondok dan erosi akibat kerusakan hutan di daerah tangkapan air Danau Tondano, sampai dengan pencemaran air oleh kegiatan pertanian dan budidaya perikanan serta wisata kuliner.

"Oleh karena itu, perlu penanganan yang komprehensif dan lintas sektoral serta kearifan dari seluruh stakeholder untuk dapat bersama-sama memecahkan permasalahan Danau Tondano ini demi kesejahteraan seluruh masyarakat Sulawesi Utara,”ujar Pangdam.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: