Bansos Rp1,9 Miliar di Gorontalo Utara Akan Salurkan Pekan Pertama Oktober

Antara · Jumat, 16 September 2022 - 15:48:00 WITA
Bansos Rp1,9 Miliar di Gorontalo Utara Akan Salurkan Pekan Pertama Oktober
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Gorontalo Utara, Husin Halidi. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) senilai Rp1,9 miliar. Dana tersebut akan dicairkan pekan pertama Oktober.

"Pemerintah daerah telah membahas di tingkat tim anggaran bersama organisasi perangkat daerah teknis. Untuk penganggaran bansos berdasarkan penghitungan hasil realokasi dana transfer umum melalui dana alokasi umum dan dana bagi hasil dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022," kata Asisten Ekonomi Pembangunan, Husin Halidi, di Gorontalo, Jumat (16/9/2022)

Hasil penghitungan dalam perencanaan alokasi bansos tersebut, telah dilaporkan ke Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

Rencananya, pekan pertama pada Oktober 2022, dana bansos bagi masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM, baik berpenghasilan rendah, pelaku usaha mikro, nelayan, petani hingga pelaku jasa transportasi publik berpenghasilan rendah, akan menerima bansos tersebut.

"Mekanismenya akan kita atur. Yang pasti, bansos akan disalurkan untuk Oktober hingga Desember 2022," katanya.

Pemda, kata Husin, juga akan berkonsultasi ke pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait standar nominal bantuan tersebut.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: