Bantu Warga Terdampak Covid-19, Pemprov Sulut Gelar Pasar Murah 3 Bulan

Antara ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 11:56 WIB
Bantu Warga Terdampak Covid-19, Pemprov Sulut Gelar Pasar Murah 3 Bulan
Ilustrasi operasi pasar murah. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

MANADO, iNews.id - Pandemi virus corona berdampak luas, termasuk pada perekonomian warga. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pasar murah sembako selama tiga bulan untuk membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19 di 15 kabupaten dan kota di provinsi itu.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri melalaui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Ronny Erungan mengatakan, awalnya pasar murah dilakukan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Namun, sesuai petunjuk Gubernur Sulut Olly Dondokambey, kegiatan ini akan berjalan terus untuk meringankan masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Pasar murah terdampak Covid-19 di Sulut akan berlangsung hingga tiga bulan ke depan di 15 kabupaten dan kota di Sulut. Jadi, kami akan terus melakukan pasar murah hingga bulan Juli 2020," kata Ronny Erungan di Manado, Rabu (27/5/2020).

Selama pasar murah untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19 ini, Disperindag Sulut menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, mentega, tepung terigu, minyak goreng dan lain sebagainya. Harganya tentu lebih murah dari di pasaran.

Dia menjelaskan, dengan adanya pasar murah sembako ini, diharapkan masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke pasar dan menciptakan kerumunan. Apalagi, pasar murah akan hadir hingga ke pelosok desa di Sulut.

"Dengan pasar murah ini, semua warga merasakan kebutuhan pokok yang lebih murah dibandingkan di pasar maupun swalayan," kata Ronny.

Dia mengatakan, pihaknya tetap melakukan protokol Covid-19 dalam melakukan pasar murah. Petugas tetap memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan. Begitu juga masyarakat yang berbelanja.

"Kami juga membuat jarak bagi masyarakat yang datang belanja di pasar murah," ujarnya.


Editor : Maria Christina