Batuk Pilek saat Hamil, Atasi dengan Cara Ini Aman untuk Janin

Muhammad Sukardi ยท Selasa, 08 Maret 2022 - 17:19:00 WITA
Batuk Pilek saat Hamil, Atasi dengan Cara Ini Aman untuk Janin
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: istw)

JAKARTA, iNews.id -  Batuk pilek yang dialami ibu hamil tidak boleh dianggap sepele apalagi di situasi pandemi seperti sekarang. Pengobatan yang tepat memastikan janin tetap aman. 

Ibu hamil tidak disarankan untuk sembarang mengonsumsi obat. Sebab, itu bisa secara langsung memengaruhi pertumbuhan dan kesehatan janin. Tapi, masalah batuk pilek pada ibu hamil juga jangan membuat Anda terlalu stres, karena itu ada solusinya. 

Cara ampuh mengatasi batuk pilek saat hamil berikut tentunya akan membantu. Mengutip dari laman Healthline, menurut University of Michigan Health System dan banyak dokter Obgyn, usia kehamilan 12 minggu pertama tidak disarankan mengonsumsi jenis obat apapun. 

"Di rentan waktu tersebut, proses perkembangan organ vital tengah terbentuk dan usahakan tidak ada obat-obatan yang dikonsumsi untuk menghindari risiko pada janin," kata laporan tersebut, dikutip iNews.id, Selasa (8/3/2022). 

Akan tetapi, kalau janin sudah berusia di atas 12 minggu, obat-obatan tertentu untuk batuk pilek dianggap bisa beradaptasi dengan janin yang dikandung si bumil. Misalnya balsem menthol yang dapat diaplikasikan di dada, pelipis mata, atau bawah hidung.

Selain itu ada juga obat batuk atau pelega tenggorokan, Acetaminophen (Tylenol) jika ada rasa nyeri, sakit, atau demam. Kemudian obat batuk yang diminum malam hari. Serta Dextromethorphan (Robitussin) dan Dextromethorphan-guaifenesin (Robitussin DM). 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: