Bendungan Kuwil-Kawangkoan Sediakan Air Baku 4.500 Liter per Detik

Antara ยท Kamis, 24 November 2022 - 07:42:00 WITA
Bendungan Kuwil-Kawangkoan Sediakan Air Baku 4.500 Liter per Detik
Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana (kiri) didampingi Kadis PU Sulut Alexander Wattimena (kanan). (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara mampu menyediakan air baku sebanyak 4.500 liter per detik. Fungsi utama dibangunnya bendungan ini yaitu untuk pengendalian banjir Kota Manado, bisa mereduksi hampir 25 persen.

"Ada juga fungsi lainnya yang juga nanti kita bisa dimanfaatkan yaitu untuk potensi air baku," ujar Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana dalam sosialisasi rencana pengisian awal bendungan Kuwil, di Minahasa Utara (Minut), Rabu (23/11/2022).

Air baku sebanyak 4.500 liter per detik tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan Kota Manado, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara.

"Sudah didatangkan konsultan dan untuk kegiatan tindak lanjutnya, sudah disiapkan trasenya dan sementara dalam tahapan finalisasi," ujarnya.

Dia berharap, tahun depan atau tahun berikutnya, akan dilanjutkan dengan pembangunan fisiknya.

Dia mengatakan, pembangunan bendungan Kuwil Kawangkoan prosesnya sangat panjang yang dimulai sejak tahun 2016 atau hampir berjalan selama enam tahun.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: