Bendungan Lolak Sulut Sediakan Irigasi Seluas 2.214 Hektare

Antara ยท Selasa, 26 April 2022 - 07:30:00 WITA
Bendungan Lolak Sulut Sediakan Irigasi Seluas 2.214 Hektare
Pengerjaan Bendungan Lolak salah satu fungsinya adalah menyediakan irigasi areal pertanian di kawasan Bolaang Mongondow. (Foto: Antara/HO-BWSSI)

MANADO, iNews.id - Bendungan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut) yang sementara dibangun akan menyediakan irigasi seluas 2.214 hektare di wilayah tersebut. Bendungan tersebut diperkirakan lebih dulu selesai dibandingkan bendungan Kuwil.

"Bendungan ini (Lolak) konstruksinya sudah hampir rampung, proyek ini dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP)," sebut Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, I Komang Sudana di Manado, Senin (25/4/2022).

Pekerjaan bendungan ini, telah mencapai sebesar 96 persen lebih, serta dapat menampung sekitar 16,1 juta meter kubik air dengan panjang tubuh bendungan 600,5 meter.

Fungsinya selain mengairi sawah (irigasi) juga akan menyediakan air baku bagi masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow dengan kapasitas 500 liter per detik, serta Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro sebesar 2,34 megawatt.

"Bendungan ini juga bermanfaat untuk mengendalikan bencana banjir serta tujuan wisata," katanya.

Pekerjaan yang sementara berlangsung kata Komang berada di tubuh bendungan, pemasangan 'handrail', serta pekerjaan lainnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: