BI Gorontalo Panen Perdana di Klaster Ketahanan Pangan Terbaik Nasional 

Antara · Selasa, 11 Januari 2022 - 14:27:00 WITA
BI Gorontalo Panen Perdana di Klaster Ketahanan Pangan Terbaik Nasional 
Kepala KPW BI Gorontalo, Budi Widihartanto (keempat kanan) berfoto bersama usai panen perdana padi organik di lahan pertanian klaster Lamuta III di Desa Hutabohu, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Senin (10/1/2022). (Foto: Antara/HO-KPw BI Gorontalo) 

GORONTALO, iNews.id - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo melakukan panen padi organik perdana di lahan pertanian klaster Lamuta III di Desa Hutabohu, Kabupaten Gorontalo. Klaster tersebut telah menerapkan teknologi digital farming.

"Kelompok Tani Lamuta III berhasil menjadi Klaster Ketahanan Pangan Terbaik Nasional dalam ajang Championship Klaster untuk kategori sub sektor tanaman pangan," kata Kepala KPW BI Gorontalo, Budi Widihartanto, Senin (10/1/2022).

Budi menjelaskan klaster Lamuta III merupakan kelompok petani yang telah mengimplementasikan teknologi Digital Farming yang diberikan oleh Bank Indonesia.

Dia menjelaskan, berdasarkan pada pengukuran panen dari Tim Ansa School bersama BPP selaku mitra Bank Indonesia dalam mengembangkan pertanian Gorontalo, menunjukan hasil yang sangat baik.

"Karena produktivitas mencapai di angka 8,37 Kg/6,25 m kuadrat atau jika dikonverasi ke hektar adalah sebesar 13,4 ton/Ha," ujarnya.

Hasil panen tersebut mencerminkan peningkatan 243 persen dari sebelum implementasi digital farming dan juga metode organik, karena Klaster Lamuta III biasanya hanya mampu produksi 5,5 ton/Ha.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: