BI Sebut Konsumen Yakin Ekonomi Sulut Akan Semakin Membaik 

Antara · Jumat, 15 Oktober 2021 - 20:30:00 WITA
BI Sebut Konsumen Yakin Ekonomi Sulut Akan Semakin Membaik 
Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat. (Foto: Antara) 

MANADO, iNews.id - Bank Indonesia (BI)  Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memastikan berdasarkan indeks kondisi ekonomi (IKE) konsumen memperkirakan  kondisi ekonomi semakin membaik. Perbaikan ekonomi ini akan terjadi di bulan-bulan mendatang meski masih di tengah pandemi Covid-19.

"Hasil survei menyebutkan  konsumen yakin  ekonomi bulan mendatang membaik  baik secara secara nasional maupun secara spasial  Kota Manado," kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Jumat (15/10/2021).

Pada September 2021, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi yang tergambar pada IK) menguat dari bulan sebelumnya, ditengarai sejalan dengan relaksasi.

Pemberlakuan Pembatasan Kegatan Masyarakat (PPKM) di berbagai wilayah Indonesia, berdampak membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat.

Meningkatnya IKE nasional disebabkan peningkatan pada seluruh komponen pembentuknya, yakni peningkatan indeks penghasilan sebesar 13,3 poin menjadi 76,7, indeks ketersediaan lapangan kerja sebesar 20,9 poin menjadi 61,3, dan indeks pembelian barang tahan lama sebesar 5,8 poin menjadi 80,1.

Sejalan dengan hal tersebut, secara spasial di Kota Manado, peningkatan IKE didorong oleh meningkatnya indeks penghasilan sebesar 13 poin menjadi 81,5, dan indeks pembelian barang tahan lama sebesar 8,0 pon menjadi 102,5.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: